Manfaat Seledri yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Seledri sering digunakan untuk mempercantik makanan maupun digunakan untuk teman bawang kering dalam kuah baso. Seledri memiliki nama ilmiah apium graveolens, yang masuk ke dalam jenis apiaceae.

Seledri memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh seperti vitamin K, vitamin C, kalium, asam folat, dan vitamin B6. Selain itu juga masih banyak sumber zat baik lainnya.

  1. Menurunkan kadar kolesterol tubuh. Seledri memiliki kandungan zat yang bisa menurunkan kolesterol (kesehatan jantung), trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein) dimana penelitian ini dilakukan pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak.
  2. Mengandung anti oksidan dan anti inflamasi. Seledri mengandung zat antioksidan dan juga aktif melawan radikal bebas. Selain itu juga apiin dan apiuman bisa menekan proses paradangan.
  3. Melindungi hati. Ketika hati mengalami kerusakan dan menunjukan hasil abnormal, maka dengan menggunakan ekstrak daun seledri bisa menurunkan hasil abnormal tersebut. Studi tersebut memberikan hasil terdapat perbaikan struktur pada jaringan hati.
  4. Melindungi lapisan pada lambung. Pada hasil studi yang sama, ekstrak ethanol dan biji seledri bisa melindungi lapisan lambung dan jga menekan produksi asam lambung. Efek ini didapatkan dari ekstrak flavonoid dan tannin.
  5. Obat pengusir nyamuk dan pembunuh larva. Minyak dari biji seledri bisa digunakan untuk membunuh larva Aedes Aegypti  yang bisa menyebabkan demam berdarah. Mencampur minyak seledri dengan campuran 5% vanillin dikatakan bisa mengusir nyamuk secara ampuh. 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-daun-seledri/