Mengonsumsi Nasi Sebelum Mulai Olahraga Apakah Boleh?

Asupan energi memang diperlukan jika kamu akan melakukan sebuah aktivitas, apalagi jika kamu akan berolahraga. Namun masih banyak pro dan kontra yang menyatakan antara boleh dan tidak untuk mengonsumsi nasi atau tidak sebelum memulai olahraga. Jadi sebenarnya boleh atau tidak ya?

Makan nasi sebelum olahraga tentu saja boleh, karena karbohidrat disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 hingga 3 jam sebelum olahraga. Ini bertujuan agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan yang nantinya digunakan untuk sumber energi.

Informasi dari USA Rice Information mengatakan bahwa nasi mengandung lebih banyak karbohidrat dibanding dengan kentang jika dibandingkan dengan porsi yang sama. Dilansir dari laman American Heart Association, American College of Sports Medicine, menyatakan bahwa mengonsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum berolahraga sangat dianjurkan. ini karena dapat menjaga gula darah dan juga memaksimalkan kinerja.

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi nasi merah. Ini karena nasi merah memiliki sumber karbohidrat kompleks yang memiliki sumber energi jangka panjang. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah dicerna oleh tubuh lebih lambat karena memiliki indeks glikemik rendah dan kadar serat yang cukup tinggi.

Namun, perlu juga diingat jika nasi bukanlah pilihan yang baik bagi kamu yang jarang berolahraga kurang dari 4 kali perminggu atau memiliki penyakit metabolisme. Maka ada baiknya memilih jenis nasi merah, agar nutrisi pada tubuh tetap bugar. Kamu juga bisa memilih makanan lain dengan rentan waktu 30 hingga 60 menit sebelum latihan dimulai.

Sumber :