Menurut Ahli Nutrisi Beginilah Cara Membuat Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

Puasa memang harus menahan lapar. Selain itu juga, asupan energi akan cepat berkurang, namun hal tersebut jangan membuatmu menjadi bermalas-malasan dan meninggalkan olahraga. Terdapat bermacam cara untuk membuat tubuh bugar dari ahli nutrisi Anar Allidina selama menjalani bulan puasa.

Walau berpuasa, kita juga harus tetap berolahraga. Ternyata saat berpuasa terdapat waktu terbaik untuk work out. Allidina sendiri mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah beberapa saat sebelum berbuka puasa (sebelum matahari terbenam). Jam tersebut memang dinilai menjadi jam kritis, namun kunci utamanya terdapat pada pikiran. Cukup ingat saja sebentar lagi kamu akan berbuka dan harus bersemangat untuk berolahraga.

Instruktir fitness Zehra Allibhai mengatakan bahwa olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga kardio yang tidak memforsir tubuh. Jika tidak rutin melakukan fitness, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti stretching, jalan kaki, maupun yoga.

Kebugaran tubuh juga dipengaruhi dari apa yang kita konsumsi. Maka dari itu saat sahur kamu membutuhkan makanan yang tepat. Allidina menyarankan untuk mengonsumsi smoothies dengan bahan buah-buahan. Ini karena kamu bisa mendapatkan nutrisi dalam waktu singkat. Protein juga bisa kamu dapatkan dari daging, telur, kacang, dan lentil. Saat berbuka, Allidina menyadankan untuk mengonsumsi beberapa kurma dan juga dua gelas air putih.  Hindari makanan yang mengandung gorengan.

Agar tetap bugar, kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu minum. Allidina menyarankan untuk meminum air kelapa setelah olahraga. Selain itu, kamu juga bisa memilih sup untuk menjadi opsi ideal saat sahur maupun berbuka. Ini karena sup mengandung bahan-bahan bergizi dan memberi cairan yang lebih pada tubuh.

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2018/14085/tips-tetap-bugar-saat-puasa-menurut-ahli-nutrisi