Obat Maag Lebih Baik Dikonsumsi Sebelum Atau Sesudah Makan?

Maag atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi dimana asam lambung meningkat hingga kerongkongan dan bisa mengiritasi. Gejala umumnya seperti rasa terbakar pada dada, nyeri dada, dan juga susah menelan. Penyebab maag umumnya terjadi karena jadwal makan yang tidak teratur  sehingga terjadi peningkatan asam lambung.

Terdapat beberapa golongan obat yang efektif untuk mengatasi maag dan juga bisa didapat tanpa resep, di antaranya:

  1. Antisida. Antisida bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, biasanya proses meredakan tergolong cepat walau tidak bisa mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan. Obat ini bisa dikonsumsi saat perut kosong dan jika berbentuk tablet maka harus dikunyah.
  2. Penghambat Reseptor H-2. Golongan obat ini bisa mengurangi produksi jumlah asam lambung. Efek terapinya bisa bertahan hingga 12 jam. Contoh obatnya seperti ranitidine, cimetidine, dan famotidine. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan.
  3. Inhibitor Pompa Proton (Proton Pump Inhibitor).  Obat ini bisa menghambat produksi asam lambung dan juga membantu menyembuhkan kerusakan pada lapisan kerongkongan. Golongan obat ini lebih kuat. Contoh obat ini adalah seperti omeprazole, lansoprazole, dan pantoprazole. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan.

Pola hidup sehat bisa membantu menurunkan jumlah produksi asam lambung. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan perut tertekan dan juga menyebabkan peningkatan asam lambung.
  2. Berhenti merokok. Merokok bisa mengurangi kemampuan kerongkongan untuk membuka dan menutup.
  3. Tinggikan kepada saat tidur dan hindari makan 2-3 jam sebelum jadwal tidur.
  4. Hindari juga berbaring saat selesai makan.
  5. Hindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan sama lambung seperti makanan pedas, alkohol, bawang putih, dan juga kafein.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13402/obat-maag,-harus-sebelum-atau-sesudah-makan?