Penting Menjaga Kesehatan Mata Begini Caranya

Memiliki mata yang sehat adalah impian banyak orang, karena dengan begitu kamu bisa melakukan banyak aktivitas dengan baik. Walau matamu terlihat baik-baik saja, namun kesehatan matamu jangan sampai diabaikan. Sama seperti organ tubuh lain, mata juga membutuhkan perawatan.

Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan mata, simak artikel berikut ini karena akan kami kupas tuntas. Langkah penting yang pertama yang perlu kamu ketahui adalah dengan mengurangi penggunaan kontak lensa. Walau dinilai lebih praktis dan stylish, namun jika dilihat dari dampak negatif akibatpenggunaannya, keamanan kontak lensa masih diragukan. Maka dari itu, kurangilah pemakaian kontak lensa agar matamu terhindar dari iritasi yang disebabkan oleh bakteri.

Cara kedua adalah dengan menggunakan kacamata pelindung saat kamu hendak melakukan pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah ini meliputi memasang paku, perabotan rumah, dan juga membersihkan ruangan yang berhubungan dengan banyaknya serpihan debu maupun kayu yang dapat masuk ke dalam mata.

Untuk mendapatkan mata yang sehat, kompreslah kelopak matamu menggunakan air hangat. Kamu hanya membutuhkan kain lembut yang diberi air hangat untuk mengompres kelopak mata sebelum tidur. Perhatikan juga konsumsi makanan yang bisa menghindari matamu dari berbagai penyakit seperti makanan yang mengandung vitamin E (sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan). Untuk melindungi sel-sel pada matamu, konsumsi juga lemak omega-3 yang bisa didapat dari ikan untuk memaksimalkan kerja saraf dan otak.

Hindari juga kontak dengan radiasi cahaya terlalu lama. Sebaiknya kurangilah menggunaan layar komputer atau televisi dengan jarak yang sangat dekat.  Ini karena dapat menyebabkan kerusakan saraf mata yang disebabkan oleh radiasi cahaya. Cara lainnya adalah dengan rajin memeriksa kesehatan mata di dokter. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/vidya-tarigan/cara-menjaga-kesehatan-mata/full