Tips Membuat Tubuh Tetap Fit Walau Berpuasa

Ibadah puasa yang dilakukan selama 13 jam lamanya memang bukan sesuatu yang harus dicemaskan, namun untuk beberapa orang hal ini bisa menjadi tantangan untuk dijalani. Meski memiliki banyak dampak positif untuk kesehatan, namun terkadang puasa juga memiliki dampak kurang baik bagi kondisi tubuh.

Permasalahan yang sering terjadi saat berpuasa adalah menurunnya imunitas tubuh, tubuh melemas, gangguan pencernaan, dan juga berat badan yang melonjak. dr. Diana F. Suganda, Mkes, Sp.GK mengatakan bahwa saat berpuasa tubuh memasuki fase starving. Ini menurunkan basal metabolic yang bisa membuat tubuh lemas karena mengefisiensikan energinya.

Tips pada minggu pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyeimbangkan gizi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat, dan lemak baik selama berpuasa. Makanan yang tinggi serat, protein tinggi, dan juga karbohidrat kompleks juga dibutuhkan untuk membantu tubuh kenyang selama seharian.

Memasuki minggu kedua, kamu bisa memulai untuk kembali menjalani olahraga tanpa merasa teganggu. Bagi kamu yang tidak terbiasa berolahraga, ada baiknya memilih waktu sebelum atau sesudah berbuka puasa. Memasuki minggu ketiga, aturlah jam tidurmu dengan benar. Sebaiknya majukan jam tidurnya menjadi sekitar pukul 21.30-22.00 sehingga tubuh memiliki waktu lima hingga enam jam sebelum sahur.

Minggu-minggu terakhir yaitu minggu ke empat dan kelima, biasanya ini semakin banyak godaan karena sudah mulai memasuki persiapan Idul Fitri. Karena sudah memasuki aktivitas mencari baju lebaran, maka ada baiknya untuk menjaga stamina dan pola makan sebaik mungkin. Itulah beberapa tips untuk membuat tubuhmu tetap fit walaupun sedang berpuasa.

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2019/15821/5-tips-jitu-agar-tubuh-tetap-fit-selama-puasa