Waspadai Penyakit Cacar Monyet Asal Nigeria yang Sudah sampai Singapura

Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat dihebohkan dengan kabar virus cacar monyet yang beredar di Singapura. Padahal penyakit ini diketahui berasal dari Afrika Tengah dan Barat. Cacar monyet atau biasa dikenal dengan monkeypox adalah salah satu jenis penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi cacar monyet.

Disebut cacar monyet karena para peneliti pertama kali melihat virus ini ada sekelompok monyet yang tengah diteliti. Virus ini lebih sering ditemui di daerah Afrika Tengah dan Selatan. Virus ini juga dibawa oleh binatang liar seperti tupai.

Dilansir dari situs resmi Kementrian Kesehatan RI, monkeypox dapat menular melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, dan luka pada kulit atau mukosa binatang yang terinfeksi. Meski begitu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M. Kes menyatakan bahwa penularan dari manusia ke manusia sangat jarang terjadi. Dibutuhkan inang yang terinfeksi untuk virus ini menular ke manusia.

“Sejauh yang kami kethaui, hewan ini tidak ada di Indonesia. Adanya di Afrika. Belum ditemukan inang atau tempat infeksi monkeypox,” ujar dr. Anung Sugihantono dilansir dari laman Tirto.id.

Hal lain yang meningkatkan risiko terkenanya penyakit ini adalah dengan mengonsumsi daging hewan liar yang terinfeksi virus secara mentah atau setengah matang. Hal inilah yang terjadi pada wanita asal Nigeria yang terindentifikasi terkena cacar monyet di Singapura.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/cacar-monyet-monkeypox-singapura/